Berita

Tim Mahasiswa ITB Raih Juara 1 Huawei ICT Competition Nasional

Rabu, 24 November 2021 - Anne Rufaidah 671

BANDUNG, Ditmawa ITB – Tim mahasiswa dari ITB, berhasil menyabet Juara 1 Huawei ICT Competition National dalam kategori Track Cloud, yang digelar pada 4 November 2021 lalu. Mereka diantaranya adalah Fikri Ali Setiawan, Alberth Christiadi dan Mochammad Ronny Ardianto. 

Menurut salah seorang anggota, M. Ronny Ardianto, kompetisi ini merupakan ajang tes pengetahuan dan kemampuan terkait pemahaman ICT. Dalam beberapa kategori, khususnya kategori Track Cloud.  Pada bidang Track Cloud, meliputi beberapa aspek diantaranya, cloud services, cloud computing, storage, hingga Artificial Intelligence. 

“Kompetisi ini dilaksanakan secara daring dengan teknis seperti mengerjakan tes atau ujian pengetahuan yang meliputi materi-materi tersebut. Kami bertiga mengerjakannya secara terpisah yang nantinya setiap tim akan diakumulasikan poin atau nilai yang didapatkan. Tidak hanya itu, kami juga memiliki beberapa sertifikasi huawei yang kemudian bisa menjadi poin bonus,” jelas Ronny. 

Ia menjelaskan, bahwa kompetisi ini bukan merupakan kompetisi presentasi karya/inovasi, melainkan tes pengetahuan terkait track yang diambil oleh tim ITB. Timnya mencoba mempelajari materi track cloud sebisa mungkin dan memahami sebanyak mungkin. Kemudian pada saat kompetisi tingkat nasional, tim menjawab dengan benar sebanyak mungkin, dari 90 pertanyaan, dalam waktu  60 menit.

Meski berhasil meraih juara 1, namun diakuinya bahwa tim tetap pernah mengalami kendala. Menurutnya, kendala yang dialami yaitu materi yang disajikan saat kompetisi banyak yang tidak dimengerti. Selain itu, timnya menganggap bahwa materi yang disajikan memang lebiih tinggi dibandingkan dengan sumber referensi yang dipelajari tim. 

“Kriteria penilaian diambil dari total hasil nilai masing-masing anggota tim saat kompetisi. Pada kompetisi terdapat persentase besarnya nilai di setiap 4 sub materi, Namun kami tidak mengetahuinya. Selain total nilai, terdapat bonus poin yang didapatkan dari setiap sertifikasi Huawei yang telah kami ambil dan sudah lulus,” terang Ronny. 

Huawei ICT Competition diikuti oleh 53 tim dari 24 perguruan tinggi dan 1.164 mahasiswa Indonesia telah mengikuti kompetisi tahunan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dari Huawei sejak empat tahun yang lalu.