Berita

Mahasiswa ITB Juarai Kompetisi Desain Shelter Pengungsian 

Selasa, 24 Juli 2018 - Anne Rufaidah 2130

BANDUNG, LK –  Lima mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menyabet juara I dalam ajang kompetisi internasional ASHRAE (American Society of Heating and Air-Conditioning Engineers)  2018, untuk kategori Applied Engineering Challenge. Kompetisi ini digelar pada 18 Juli 2018 di Atlanta, AS dan diikuti oleh sekitar 8 tim dari berbagai negara seperti Singapura, India, Amerika, Turki, termasuk Indonesia. 

Kompetisi yang diikuti oleh Iik Wahyu Anggara, Katon V. Widayaswara, Yoga H. Putra, M. Ilham Akbar dan Fahmi Rizaldi ini, telah berhasil mendesain sebuah shelter atau rumah singgah untuk pengungsian dengan tingkat pengondisian udara yang baik serta hemat energi. Timnya membuat sebuah shelter yang mampu memanfaatkan cahaya matahari untuk memanaskan ruangan di dalamnya saat musim dingin. Namun juga tetap membuat ruangannya tersebut agar tetap nyaman saat musim panas. 

“Kami membuat semacam sunlight di atap dan mengarahkannya sesuai posisi matahari. Untuk dindingnya, kami pun membuat dinding insulator termal dimana dinding tersebut bisa menahan panas saat kondisi ruangannya sudah terlalu panas sehingga tidak akan banyak menyerap panas,” jelas Katon. 

Menurut dosen pembimbing tim tersebut, Adrian Rizqi Irhamna M.T, ASHRAE merupakan komunitas di Amerika bagi para insinyur dan ahli di bidang pengondisian udara dan refrigerasi. Selain sebagai wadah asosiasi insinyur, ASHRAE menginisiasi kompetisi bagi para mahasiswa, yang mempunyai minat di bidang pengondisian udara dan refrigerasi. Terdapat 4 kategori kompetisi yang diselenggarakan yaitu HVAC Design Calculation, HVAC System selection, Integrated Sustainable Building Design (ISBD) dan Applied Engineering Challenge. 

Sejak 2015, mahasiswa ITB memang sudah mengikuti kompetisi ini dalam kategori Applied Engineering Challenge. Selama 3 tahun terakhir itu pula, mahasiswa ITB selalu meraih peringkat 2 dalam kompetisi tersebut. Tahun ini, tim tersebut berkesempatan untuk melakukan presentasi secara oral dan poster pada seminar tahunan ASHRAE yang akan diadakan Januari 2019 di Atlanta, US. 

Alhamdulillah pada tahun ini, mahasiswa kita berhasil merebut posisi juara satu pada kompetisi tersebut mengalahkan mahasiswa dari universitas lain seperti California Polytechnic State University, University of Utah, Singapore Management University & Nanyang Technological University,” tandasnya.