Berita

Mengenal Dunia Kemahasiswaan ITB di OSKM 2018

Kamis, 16 Agustus 2018 - Anne Rufaidah 2629

BANDUNG, LK – Gelaran utama masa Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) Institut Teknologi Bandung (ITB) telah dimulai pagi ini (16/8/2018) di Kampus Utama ITB, jalan Ganesha no. 10 Bandung. Sebelumnya, berbagai acara telah dilaksanakan dalam rangkaian acara OSKM ITB yang dimulai pada 16 Agustus hingga 18 Agustus 2018, dan ditutup oleh kegiatan Open House Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada 25 Agustus 2018 mendatang. 

Rektor ITB, Dr. Ir. Kadarsah Suryadi DEA mengungkapkan mahasiswa ITB yang berasal dari 34 provinsi ini merupakan cerminan dari miniatur nusantara NKRI. Menurutnya dalam menjalani dunia perkuliahan mahasiswa ITB hendaknya bisa menjadi seorang pemimpin di masa mendatang. Untuk itu kesempatan dalam menimba ilmu di kampus harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

“Kelak, kalian akan menjadi pemimpin bangsa ini. Pemimpin adalah manusia biasa yang menghasilkan karya luar biasa dan menjadi manusia Indonesia yang membanggakan. Menjadi seorang nirmala pembangun bangsa,” ujarnya di sela-sela acara penyambutan mahasiswa pada OSKM 2018. 

Ia berpesan, untuk menjadi seorang pemimpin tidak cukup hanya menjadi insan pintar, tetapi juga harus sehat, berbudi luhur dan berakhlak mulia. Oleh karenanya, ITB pun mengadakan pelatihan softskill, untuk mendukung perilaku berbudi luhur, dan mendorong sikap menjunjung tinggi nilai-nilai agama. Penerapan prinsip 4R yakni Rasio, Raga, Rasa, dan Religi harus bisa diaplikasikan dalam kehidupan kemahasiswaan nanti. 

Sementara itu, Presiden Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB. Ahmad Wali Radhi yang hadir dalam penyambutan mahasiswa baru menyebutkan, ini waktu yang tepat untuk memperjuangkan kembali indentitas mahasiswa baru sebagai penuntut ilmu. Baginya, seumur hidup manusia adalah seorang pembelajar mulai dari dasar, mahasiswa, hingga menghadapi fase kehidupan berikutnya. 

“OSKM adalah gerbang pertama kalian dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa. Ini kesempatan bagi kalian, mahasiswa baru, untuk memahami apa saja yang ada dalam dunia kemahasiswaan ITB. OSKM memang bukan segalanya, tapi dari sanalah semuanya berawal. Selamat datang adik-adik semua,” ujarnya. 

Seperti diketahui, OSKM merupakan salah satu bentuk kaderisasi yang diberikan pada siswa SMA yang baru lulus dan lolos seleksi sebagai mahasiswa Sarjana di ITB. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan penyambutan pada mahasiswa baru serta mengenalkan ITB dan dunia kemahasiswaan  sebagai bekal untuk menjalani kehidupan di kampus nanti. Acara OSKM 2018 pun diramaikan dengan pengenalan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa serta pentas seni dari berbagai budaya daerah nusantara.