Berita

Puluhan Mahasiswa ITB Raih Beasiswa Tanoto Foundation

Jumat, 31 Agustus 2018 - Anne Rufaidah

BANDUNG, LK - Sebanyak 22 mahasiswa program Sarjana dan 5 mahasiswa program Magister, Institut Teknologi Bandung (ITB), mendapatkan beasiswa dari Tanoto Foundation berupa biaya perkuliahan dan uang saku.  Acara ditandai dengan penandatangan kesepakatan antara mahasiswa penerima beasiswa,  yang turut disaksikan oleh Sekretaris Bidang Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter Lembaga Kemahasiswaan ITB Dr. Very Susanto ST, MT, dan Head of Scholarship Tanoto Foundation Tonny Victor Halomoan Hasibuan, di ruang Multimedia 9311 Kampus ITB (31/8/2018). 

Menurut Tonny, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari Tanoto Foundation  tidak hanya sekedar diberikan fasilitas berupa dana saja, melainkan juga benefit non finansial. Diantaranya, mahasiswa penerima beasiswa diharuskan mengikuti kegiatan program capacity building. Program ini melatih softskill mahasiswa mulai dari soal kepemimpinan, keterampilan dalam berkomunikasi dan presentasi, hingga wawasan kebangsaan. 

“Kami pun memberikan kesempatan pada mereka untuk magang di perusahaan-perusahaan kami di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, dalam pemagangan tersebut, mereka dijamin untuk budget makan dan transportasi,” terangnya di sela-sela acara Penandatanganan Beasiswa Tanoto Foundation. 

Sejak tahun 2006, Tanoto Foundation secara regular memberikan beasiswa pada mahasiswa ITB setiap tahunnya. Tercatat, sudah lebih dari 402 mahasiswa Sarjana dan 72 mahasiswa Magister ITB yang sudah merasakan benefit dari pemberian beasiswa ini. Di tahun 2018, Tanoto Foundation telah membagikan bantuan beasiswa secara nasional pada 200 mahasiswa Sarjana dan 15 mahasiswa Magister, yang berasal dari 12 perguruan tinggi negeri di Indonesia. 

Dalam pemberian program beasiswa, pihaknya juga mewajibkan para mahasiswa untuk bergabung dalam Tanoto Scholar Association (TSA) yang ada di tiap kampusnya. Pada program ini, penerima beasiswa diwajibkan untuk membuat project sosial selama satu tahun, dan didanai oleh pihak Tanoto. 

“Harapan kami, kelak, mereka (para penerima beasiswa) bisa membagikan apa yang mereka dapat ini pada orang lain. Bukan soal materinya, melainkan ilmu dan waktunya untuk masyarakat sekitar,” kata Tonny. 

Sementara itu,  Sekretaris Bidang Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter Lembaga Kemahasiswaan ITB Dr. Very Susanto ST, MT mengungkapkan apresiasinya, karena selama ini Tanoto Foundation sudah secara konsisten memberikan bantuan dana beasiswa serta pelatihan softskill.  “Kami berterima kasih pada Tanoto Foundation yang sudah secara konsisten, tidak hanya memberikan dana saja tetapi juga pelatihan softskill pada mahasiswa. Hal ini rupanya banyak diminati juga oleh para pemberi beasiswa lainnya, yang tidak sekedar membantu secara finansial namun juga non finansial,” tandasnya.