Berita

Ribuan Calon Pekerja Padati ITB Integrated Career Days 2018

Sabtu, 27 Oktober 2018 - Anne Rufaidah

BANDUNG, LK – Ribuan pencari kerja memadati event ITB Integrated Career Days 2018 yang digelar pada 27-28 Oktober 2018 di Aula Timur dan Aula Barat Kampus ITB, jalan Ganesha no. 10 Bandung. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Berwami Priyatna Iskandar M.Sc., Ph.D dan perwakilan dari perusahaan yang turut menjadi peserta event seperti Shopee Indonesia, Astra International, Paragon, Shimizu, Bank BTN, Tokopedia, dan lainnya.

Direktur ITB Career Center, Dr. Eng. Bambang Setia Budi menuturkan, perusahaan yang bergabung pada event kali ini cukup beragam. Namun, menurutnya paling banyak adalah pekerjaan yang berkaitan dengan digital, dimana hal ini sesuai dengan kondisi dan perkembangan saat ini.

“Untuk kategori bidang usaha, peserta booth didominasi oleh perusahaan IT atau Informasi dan Komunikasi yang jumlahnya mencapai 30 persen. Sedangkan sisanya adalah bidang usaha perbankan, manufaktur, pendidikan, pertambangan, dan lain sebagainya,”ujarnya di sela-sela pembukaan acara.

Ia pun menyebutkan, event yang terbuka untuk umum dan gratis ini pun memiliki jumlah kunjungan yang angkanya cukup fantastis. Sebut saja di hari pertama, untuk pendaftar online yang hadir saja sudah mencapai 6000 pengunjung, dari berbagai institusi, latar belakang pendidikan, serta usia. Ia mengakui sejauh ini pendaftar pekerjaan di sini masih didominasi oleh mereka lulusan Sarjana, sebanyak 80 persen.

“Pencari kerja yang datang di event hari ini kebanyakan berasal dari perguruan tinggi ternama. Sebut saja dari lulusan/mahasiswa tingkat akhir ITB saja sudah 25 persen, sedangkan sisanya berasal dari kampus tetangga ITB dan kampus-kampus lainnya yang ada di Jabar atau di luar Jabar,”pungkasnya.