Berita

Memajukan Negara Dengan Berwirausaha

Rabu, 07 November 2018 - Nuru Fitry

Institut Teknologi Bandung sebagai perguruan tinggi yang sudah menyatakan diri sebagai entrepreneurial university tentu memiliki cita-cita melahirkan para pengusaha sukses. Sebagai putra putri terbaik bangsa, para mahasiswanya memiliki kewajiban moral dengan memajukan negara, salah satu caranya dengan menjadi pengusaha.

President Director PT Abyor International, Hari Tjahjono mengatakan, menjadi pengusaha bisa menjadi cara untuk membangun bangsa. Menurutnya, menjadi pengusaha dapat menciptakan pekerjaan. Dengan banyaknya pekerjaan yang tercipta, negara bisa naik kelas. “Membangun bangsa menjadi alasan saya menekuni bidang ini,” ujar alumni Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB.

Dalam Studium Generale KU-4078, Rabu (7/11/2018), ia menceritakan pengalamannya dalam mendirikan perusahaan yang ia bangun sejak sekitar 10 tahun lalu. Hari meninggalkan perusahaan tempatnya bekerja dan memutuskan membangun perusahaan sendiri.

Menjadi pengusaha tentu memiliki siklus yang fluktuatif. Pada awal perjalanan bisnisnya ia pun sempat merasakan ragu. Klien pertamanya baru hadir setelah enam bulan. Bisnis memang tak selalu mulus, sempat tak ada kemajuan, bersama tim ia melakukan evaluasi. Niatan terjun pada bidang bisnis baru pun berbelok dan ia masuk ke bidang bisnis yang sudah memiliki banyak pesaing.

“Saya sudah meninggalkan zona nyaman dan terjun bebas. Pada bulan keenam, keraguan mulai berubah menjadi nyaman,” tuturnya.

Visi misi personal menjadi salah satu kunci usahanya. Selain itu, jangan mudah menyerah. Meski sudah mengorbankan banyak waktu dan tenaga, namun kegagalan adalah hal yang biasa. “Dalam bisnis lebih banyak kegagalan daripada kesuksesan,” ujarnya. Untuk memulai bisnis, perbanyak pula jaringan dan kreativitas. Penggagas ITB Ultra Marathon ini berpesan untuk mulai membangun jaringan sedini mungkin.