Berita

Berkembang Pesat Bersama ABB Jurgen Dormann Foundation

Jumat, 16 November 2018 - Anne Rufaidah

BANDUNG, LK- Meniti karir di perusahaan internasional  adalah impian banyak orang. Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki kesempatan yang luas untuk berkiprah di perusahaan semacam ini, salah satunya di ABB Jurgen Dormann Foundation. Melalui program Graduate Engineering Program (GEP), mahasiswa ITB secara terbuka bisa mendapatkan kesempatan untuk memulai karirnya di kancah internasional.

Talent Partner PT. ABB Sakti Industri, Fifi Familianti menuturkan, program GEP bertujuan untuk mencari leader baru bagi ABB agar mampu mengembangkan sisi bisnis secara lebih meluas. Posisi leader ini pun tidak hanya pada tatara staf saja, melainkan juga untuk managerial level. Mereka yang baru lulus dan mengikuti program GEP ABB ini pun akan dibina dan diberikan program pelatihan dengan kurikulum yang jelas dan terarah.

“Program ini dijalankan selama 24 bulan atau 2 tahun, dimana di tahun pertama para lulusan akan diberikan silabus yang jelas mengenai program secara technical. Bahkan di tahun kedua pun, peserta dari program, GEP ini pun sudah diarahkan bahkan sudah ditentukan posisi pekerjaannya sebagai apa,” terang Fifi saat menjadi pembicara pada acara ABB’s Attraction Event di Ruang Multi-Purpose, Gedung CRSC Kampus ITB 9 November 2018 lalu.

Menurutnya, ABB tidak hanya ingin mencari sumber daya manusia yang hanya handal di bidang technical saja, tetapi juga di bidang managerial dan sales. Dengan program GEP yang terus disosialisasikan, pihaknya berharap bahwa ABB akan mendapatkan future leader yang mumpuni dalam program jejaring ini.  Peserta yang lolos mengikuti seleksi masuk program GEP akan lantas mengikuti berbagai tahapan program, seperti training mobile, engineering, electrical design, power grid, grid integration, dan lainnya.

Untuk mengiktu program yang akan dibuka pada Desember 2018 ini, pihaknya pun akan melakukan serangkaian seleksi. Untuk langkah awal, calon peserta langsung mensubmit CV ke website ABB untuk diikut sertakan dalam online test. Jika lulus, maka peserta akan diundang untuk melakukan sesi wawancara dan selanjutnya akan dilakukan assessment.

“Banyak sekali keuntungan dan kemudahan yang ABB berikan bagi mereka yang lulus untuk mengikuti program GEP. Misalkan saja seluruh akomodasi, uang saki, hingga biaya hidup selama di mengikuti program ini akan ditanggung oleh perusahaan. Tidak hanya memberikan financial support, kami pun akan membuka jejaring bagi para peserta dalam mentoring maupun networking,” pungkasnya.