Berita

Miliki Rumah Impian dengan Investasi Sejak Dini

Jumat, 16 November 2018 - Anne Rufaidah

BANDUNG, LK- Memiliki rumah adalah impian semua orang, tidak terkecuali mereka yang masih mengenyam pendidikan atau berstatus mahasiswa. Untuk meraih impian tersebut, diperlukan konsistensi dalam management keuangan, termasuk memiliki investasi sejak dini.

Dalam mendukung hal tersebut maka Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama BNI Asset Management, BNI Securitas serta Lembaga Kemahasiswaan ITB menggelar seminar Rumahku Impianku di Ruang Multi-Purpose Gedung CRCS Kampus ITB pada 13 November 2018 lalu.

Seminar ini membuka peluang pada mahasiswa untuk berani berinvestasi sejak dini guna meraih impiannya di masa depan, salah satunya kepemilikan rumah. Ketua Lembaga Kemahasiswaan ITB, Dr. Eng. Sandro Mihradi mengungkapkan acara ini bertujuan membuka pikiran mahasiswa bahwa dalam menggapai kehidupan di masa depan, diperlukan perencanaan yang matang, termasuk perencanaan karir, kehidupan pribadi hingga asset yang ingin dimiliki.

“Memiliki rumah adalah impian siapa pun. Namun kepemilikan ini haruslah direncanakan sedari dini, karena harga rumah yang melambung setiap tahunnya membuat kepemilikan rumah itu terkesan sulit. Padahal jika semua itu direncanakan sejak kalian masih kuliah, dengan cara menabung dan lain sebagainya, mungkin hal yang tidak mustahil jika kalian bisa memiliki rumah dengan cepat,” ujarnya di sela-sela sambutan.

Untuk itu, pihaknya berharap dengan adanya seminar ini bisa membuka pikiran dan mengubah mind set, bahwa merencanakan masa depan haruslah matang dan penuh pertimbangan, termasuk soal management keuangan. Acara ini dihadiri oleh pakar-pakar perbankan, yang tidak hanya membahas soal produk perbankan namun juga tantangan yang dihadapi kaum milenial untuk meraih asset berupa rumah.

Salah seorang pemateri, Direktur BNI Aseet Management Putut Endro Andanawarih menuturkan bahwa salah satu musuh investasi adalah gaya hidup, inflasi, dan bahkan kebutuhan jangka panjang seperti keinginan memiliki rumah, makan, dana pension dan sebagainya. Jika hal ini tidak diatur dengan baik, maka bisa jadi keinginan untuk memiliki rumah impian tidak akan terwujud. Namun, menurutnya, ad acara yang bisa dilakukan untuk menabung dengan cara yang lain, berinvestasi melalui reksadana.

“Dengan reksadana maka kita bisa berinvestasi di pasar modal, menyicil masa depan, diawasi oleh badan pemerintah yang jelas yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK), transparan, mudah untuk berinvestasi dan transaksi, dan dikelola oleh tenaga ahli.  Saat ini pun pembelian reksadana sudah bisa dilakukan hamper di tiap bank, jadi sangat mudah,” jelasnya saat membawakan materi Perencanaan Keuangan Melalui Reksadana,

Seminar yang mengusung tema Pendayagunaan Dana Jangka Panjang untuk Pembiayaan Perumahan bagi Generasi Muda diisi oleh berbagai materi, seperti informasi mengenai tabungan perumahan rakyat yang dimiliki oleh Kemenpupr, presentasi soal produk tabungan dari BNI, perencanaan keuangan melalui reksadana, hingga sekuritisasi KPR dan pengenalan produk Efek Berangun Aset – Surat Partisipasi (EBA – SP) ritel.

 

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/usr/lib64/php/modules/libpdf.so' - /usr/lib64/php/modules/libpdf.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: