Berita

Tommy dan Grace, Juara 1 Kompetisi Stem Cell di Jepang

Selasa, 27 November 2018 - Anne Rufaidah

BANDUNG,LK – Dua mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih Juara1 dalam ajang kuis stem cell dan regenerative medicine di Shibaru Institute of Technology, Jepang, belum lama ini. Tommy Octavianus Soetrisno dan Grace Aprilia Heleaa, berhasil nenyisihkan puluhan peserta lain yang berasal dari berbagai negara.

“Pada awalnya kami mengetahui lomba ini dari kakak tingkat kami di prodi Biologi. Saat itu, kami ingin ikut kuis ini dan hanya sekedar coba-coba saja, namun ternyata kami pun tidak menyangka bisa lolos hingga babak final di Jepang,” ujar Tommy.

Menurutnya, kompetisi dengan konsep kuis ini mengadu pengetahuan dan wawasan bidang stem cell dan regenerative medicine. Setiap tim beranggotakan dua orang dan saling beradu wawasan bidang pengetahuan tersebut. Ia mengaakan sebelum akhirnya meraih juara 1, ada beberapa tahapan seleksi yang dilalui, mulai dari mengikuti babak preliminary yang diadakan secara online, hingga akhirnya prefinal dan final secara langsung di Jepang.

Diakuinya, untuk mengikuti kompetisi ini ia dan Grace melakukan persiapa sekitar 2 bulan. Meski singkat, namun hasil maksimal pun bisa diraih oleh timnya. Ia pun tidak menampik jika selama mengikuti proses seleksi hingga final, ia dan Grace kerap menemui kesulitan, terutama hal teknis yang berkaitan dengan biaya tiket keberangkatan hingga pengurusan visa. Selain itu, menghadapi tim dari berbagai negara lainnya bukanlah hal yang mudah.

“Ada beberapa negara peserta kuis yang kebanyakan merupakan mahasiswa S2. Dan kalua pun ada yang setingkat dengan kami, yakni S1, maka mereka memang mengambil jurusan bioteknologi/kedokteran/tissue engineering. Kami memang mahasiswa prodi Biologi, namun meski pengetahuan kami belum seluas peserta lainnya, kami tetap bisa memaksimalkan diri untuk meraih juara,” pungkasnya.