Berita

Menggali Informasi Calon Penerima Beasiswa Bidikmisi dan Subsidi UKT

Rabu, 28 Agustus 2019 - Anne Rufaidah

BANDUNG,LK – Untuk menggali informasi lebih dalam dari mahasiswa ITB yang melakukan pengajuan beasiswa Bidikmisi dan subsidi Uang Kuliah Tunggal (UKT), Lembaga Kemahasiswaan ITB menggelar Wawancara Pemohon Bidikmisi dan Subsidi UKT dari Seleksi SBMPTN dan Mandiri. Kegiatan tersebut berlangsung pada 26-30 Agustus 2019 di Gedung CRCS Kampus ITB Ganesha.

Kepala Seksi Kesejahteraan dan Monev Beasiswa Pemerintah, Siti Jenab mengungkapkan, ada 420 mahasiswa ITB yang akan diwawacarai. Mereka diantaranya adalah yang mengajukan  beasiswa Bidikmisi dan subsidi UKT khususnya bagi mereka yang belum melengkapi berkas.

“Bagi yang berkasnya sudah lengkap, nanti juga akan ada wawancara khusus, namun sebelum itu kami akan verifikasi terlebih dulu data ekonominya,” terang Siti.

Salah satu tujuan diadakannya wawancara tersebut adalah untuk menggali kemampuan ekonomi mahasiswa yang mengajukan beasiswa Bidikmisi dan subsidi UKT. Sehingga dana pendidikan nanti yang disalurkan tepat diberikan pada mereka yang membutuhkan.

Tahun 2019, ITB mendapatkan kuota penerima Bidikmisi sebanyak 750 orang dengan anggaran Rp. 1,1 juta/orang. Sedangkan untuk Subsidi UKT, ITB tidak membatasi kuotanya namun tetap ditentukan syarat penerimanya. Untuk Subsidi UKT, akan diberikan pada mahasiswa paling sedikit Rp. 2,5 juta per semester.

“Harapannya, mereka yang lolos mendapatkan beasiswa Bidikmisi atau pun yang UKT-nya mendapatkan subsidi, bisa memanfaatkan dana tersebut sebaik-baiknya untuk pendidikan. Selain itu, hal ini juga bisa dijadikan motivasi agar para penerima beasiswa maupun subsidi bisa menjaga kualitas akademiknya,” pungkas Siti.