Berita

ITB Raih Emas Pada Pimnas 32

Sabtu, 31 Agustus 2019 - Nuru Fitry

Tiga tim delegasi ITB raih penghargaan medali presentasi setara emas pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 Tahun 2019 yang digelar oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Ketiganya adalah Nixie dan ITBisa untuk kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta (KC) serta Canopy X-Tion untuk kategori PKM Gagasan Futuristik Konstruktif.

Tak hanya itu, delegasi ITB pun meraih penghargaan medali poster setara emas dan perunggu. Keduanya ialah Nixie dan Robucor untuk kategori PKM KC. Dengan diraihnya 4 medali setara emas dan 1 medali setara perunggu, tahun ini ITB meraih posisi 4 besar.

PIMNAS ke-32 membawa tema “Mewujudkan mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, dan mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan”. Lebih dari 400 judul karya ilmiah dipresentasikan oleh 126 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia. PIMNAS ke-32 dilaksanakan pada 27-31 Agustus dengan tuan rumah Universitas Udayana, Kampus Unud Bukit Jimbaran.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ismunandar berpesan agar ide yang dimiliki para peserta Pimnas tidak hanya berhenti sampai di sini. "Perjalanan kalian sudah panjang sampai di titik ini, maka passion kalian ada di bidang ini (sains, teknologi, dan humanitas)," tuturnya.

Ia mengatakan bahwasanya untuk kemajuan bangsa, maka kreatifitas, inovasi dan penelitian ialah hal utama yang diperlukan. "Selamat untuk pemenang, bagi yang belum, tetap berinovasi dan terus berprestasi. Sudah sampai di Pimnas ini maka kalian tetap patut berbangga," pesannya meresmikan penutupan kegiatan Pimnas ke-32 di Ardha Chandra Art Center, Denpasar, Jumat (30/8/2019).

Perwakilan tim juri, Prof. Dr. Sundani Nurono menambahkan, saat ini kreatifitas yang disuguhkan sudah semakin baik. Ketajaman ide yang diberikan pun makin rumit. Namun menurutnya dan tim juri, belum senang belajar adalah kekurangan dari pimnas kali ini.

"Konstruksi dan inti idenya sudah baik. Tingkatkan belajarnya, jika sudah belajar maka hasilnya akan semakin baik dan luar biasa," pungkas Sundani.