Berita

Kolaborasi Unik Antara Musik dan Koreografi Ala MBWG ITB

Kamis, 26 Maret 2020 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Marching band menjadi salah satu kegemaran dalam bidang music yang cukup popular di Indonesia. Banyak sekolah-sekolah yang telah mengembangkan peminatan musik tersebut. Tak terkecuali juga perguruan tinggi. Di Kampus ITB ada sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang musik marching band yang dinamai Marching Band Waditra Ganesha atau biasa disebut MBGW ITB.

Dibentuk pada 17 Mei 1971, MBWG ITB bisa dikatakan unit marching band pertama di perguruan tinggi di Indonesia. Berbeda dengan grup marching band pada umumnya, MBWG ITB menampilkan tak sekedar pertunjukan musik tetapi juga koreografi para pemain musiknya.

“MBWG ITB memiliki ciri khas penampilan yang menggabungkan seni musik, Gerakan berupa koreografi dan baris-berbaris, serta visualisasi dengan kostum dan dekorasi yang unik,” ucap Ketua MBWG ITB, M. Tegar Pambudi

Dalam UKM tersebut, kata Tegar, setiap anggota MBWG ITB dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh MBWG ITB seperti alat musik, sekretariat, dan lain sebagainya. Selain sebagai unit marching band, MBWG ITB merupakan organisasi kemahasiswaan yang kegiatannya mulai dari pengembangan diri, minat dan bakar para anggotanya, serta membuka bagian jasa, seperti turut bermain musik sebuah acara hingga penyewaan kostum marching band,

Menurutnya, program rutin yang selalu diselenggarakan oleh MBWG ITB adalah kaderisasi dan kompetisi. Kaderisasi bertujuan dalam melatih anggota-anggota baru MBWG ITB agar nantinya memiliki kemampuan marching band yang sesuai dengan kebutuhan MBWG dalam kegiatan-kegiatan berikutnya. Sedangkan, kompetisi bertujuan untuk tetap menjaga eksistensi MBWG ITB dalam dunia marching band regional, nasional, maupun internasional dimana sesuai dengan Visi MBWG ITB yaitu menjadi marching band terbaik di Indonesia.

“Rata-rata setiap tahun kami menerima sekitar 50 orang mahasiswa ITB untuk jadi anggota. Dan untuk kaderisasi biasanya dilakukan sekitar bulan Agustus - Februari tahun berikutnya, sedangkan kompetisi diadaka sekitar bulan Oktober – Desember,” terang Tegar.

Sederet prestasi pun ditorehkan oleh MBWG ITB. Sebut saja, Juara 1 Solo Horn Divisi Open BMBC 2016, Juara 1 Solo Percussion Divisi Open BMBC 2016, Juara 1 Kostum Terbaik Divisi Open BMBC 2016, dan prestasi lainnya.

“Kami berharap ke depannya, MBWG ITB jadi semakin baik dalam pencapaian-pencapaian baik dalam bidang kompetisi, kegiatan keorganisasian, dan pengembangan minat dan bakat mahasiswa,” pungkasnya.