Berita

Erlangga, Lakukan yang Terbaik

Sabtu, 16 Mei 2020 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Penting bagi seseorang untuk terus berusaha dalam meraih apa yang dicita-citakan, dan usaha tersebut perlu dilakukan dengan segenap kemampuan. Hal inilah yang menjadi dasar prinsip yang dipegang oleh Erlangga, mahasiswa berprestasi program studi Managemen Sekolah Bisnis dan Managemen (SBM) ITB. 

Dalam kesehariannya, Erlangga berupaya melakukan yang terbaik, entah itu dalam hal perkuliahan seperti mengerjakan tugas dan ujian, maupun saat ia tengah melakukan kegiatan organisasi kemahasiswaan bersama teman-temannya. Bagi ia, penting untuk selalu memberikan yang terbaikk dalam hal pendidikan, karena hal ini jadi motivasi untuknya dalam membanggakan kedua orang tuanya. 

“Pendidikan menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang, sebab melalui pendidikanlah kita dapat menjadi manusia yang lebih berkualitas dan dewasa, baik dalam karir maupun karakter. Dengan adanya pendidikan, kita dapat mengembangkan diri kita berdasarkan resource yang kita miliki,” ujar peraih penghargaan Best Investment Teaser di Deloitte M&A Challenge 2019 tersebut. 

Meski tantangan yang dihadapi saat menjalani perkuliahan di ITB terbilang sulit, akan tetapi hal tersebut tak membuat Ia patah arang. Selama perkuliahan di SBM ITB, pengaruh terbesar Erlangga, umumnya berkaitan dalam prestasi perkuliahan dan kompetisi yang dikutinya. Dengan berprestasi secara akademik serta melalui kompetisi, menurutnya ia bisa berkontribusi dalam mengharumkan almamater. 

“Selama masa perkuliahan di SBM ITB, saya juga diberi kesempatan untuk merintis bisnis sendiri, yang sampai sekarang dapat dibilang cukup sukses, bernama Boenkus by Beeyond Co., yaitu bisnis beeswax wraps yang merupakan alternatif bagi penggunaan single-use plastic untuk bungkus makanan. Tentunya, dengan merintis bisnis ini, saya juga dapat berpengaruh terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar, khususnya dalam mengurangi sampah plastic,” terang Erlangga. 

Mahasiswa yang juga pernah menyabet juara III di Ecoweek National Case Competition 2019 ini pun mengungkapkan bahwa prestasi yang diraihnya selama ini adalah sebuah reward atas usaha-usahanya dan bukan menjadi sebuah tujuan utamanya dalam mengikuti berbagai kompetisi.

“Prestasi merupakan reward atas apa yang sudah saya tempuh. Tentunya prestasi bukanlah tujuan utama dari apa yang kita tempuh, melainkan hanya sebuah reward, sebab yang terpenting adalah prosesnya dalam meraih prestasi tersebut, dimana kita belajar berbagai hal yang dapat berguna bagi kehidupan kita di masa kini dan di masa depan,” pungkasnya.