English Language Indonsian Language

Peer Konselor ITB Day 1, Menumbuhkan Perilaku Saling Membantu Antara Konselor dan Konselee

Senin, 27 September 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB -  Banyak orang mengalami stress dalam menjalani kehidupannya sehari-hari, termasuk mahasiswa. Hal ini diungkapkan oleh Psikolog Yusi Prasisi M.Psi saat menjadi pembicara Pelatihan Konseling bagi Peer Konselor ITB yang dilaksanakan secara daring pada 25 September 2021 lalu. 

Menurutnya, stress merupakan reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Stress membuat tubuh memproduksi hormon adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri. Stres juga merupakan bagian dari kehidupan manusia. Stress ringan berguna dan memicu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih. Berpikir lebih cepat dan keras sehingga dapat menjawab tantangan hidup sehari-hari. Akan tetapi stress yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi dengan tepat, akan berbahaya bagi individu. 

“Contoh stress ringan itu misalkan akan menghadapi UTS (Ujian Tengah Semester). Jika menghadapi ujian ini dibuat ringan maka mahasiswa akan terpacu untuk berusaha, namun jika menghadapi ujian itu dianggap berat makan terasa ujiannya jauh lebih berat dan bahkan bisa menjadi stress berat. Hal ini tentu berbahaya jika diabiarkan begitu saja. Stress berat sangat berpengaruh pada kondisi fisik dan psikis seseorang. Dalam melihat stress ada beberapa aspek yang bisa dilihat yakni kondisi pikirannya, emosi, fisik, dan sosialnya,” terang Yusi. 

Psikolog ITB lainnya, Herdiana Muktikanti M.Psi menyebutkan, orang yang menghadapi stress disarankan meminta bantuan pada orang lain. Hubungan antara konselor (yang membantu) dengan konselee (yang dibantu), sangatlah penting. Perilaku membantu berhubungan dengan terjadinya antara dua atau lebih individu, maupun kelompok, yang saling memberikan dan menerima bantuan atau dukungan untuk memenuhi kebutuhan dasar sepanjang kehidupan. 

“Seorang konselor memberikan kesempatan pada konselee agar tumbuh dan menjadi tujuan utama dari perilaku membantu konselor. Membantu pada dasarnya membuat konselee tumbuh sesuai dengan kebutuhan dan arah yang diinginkan konselee, agar ia dapat menyekesaikan masalahnya,” ucapnya. 
 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung