English Language Indonsian Language

Kick Off PMW X TOP ITB 2022 Batch 1: Membangun Bisnis Profesional Sedari Mahasiswa

Sabtu, 29 Januari 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Untuk mendukung pengembangan kewirausahaan mahasiswa secara lebih profesional, ITB merilis Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) X Technopreneurship Orientation Program (TOP). Program yang diberi nama PMW X TOP ITB 2022 tersebut merupakan kerjasama Sub Direktorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan,  Direktorat Kemahasiswaan (PPK Ditmawa) dan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB. 

“Program ini bisa diakses oleh seluruh mahasiswa ITB baik dari kampus ITB Ganesha, Jatinangor, maupun Cirebon. Program PMW X TOP ini merupakan salah satu program unggulan ITB yang berfungsi menyediakan dukungan dan pembinaan kewirausahaan dari awal hingga akhir. Kami berbahagia karena adanya kolaborasi dengan LPIK yang merupakan incubator bisnis level perguruan tinggi ini, bisa semakin mengeratkan dukungan untuk mahasiswa khususnya dalam pengembangan bisnis mereka,” jelas Kepala Subdit Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan, Sonny Rustiadi S.E., MBA, Ph.D saat membuka acara Kick Off PMW X TOP ITB 2022 Batch 1 secara daring, Sabtu (29/1/2022). 

Ia menuturkan, setiap tahunnya terdapat 2 batch pembukaan program tersebut. program ini pun terbuka bagi seluruh mahasiswa ITB baik mereka yang masih TPB maupun yang sudah memasuki semester akhir. Ia menyakini bahwa persoalan karir usai lulus dari ITB bukan hanya terpatok menjadi karyawan professional saja, melainkan juga bisa menapaki karir sebagai wirausahawan professional juga. Program kewirausahaan tersebut memberi dukungan pada mahasiswa berupa dana hibah, coaching dan mentoring bisnis.

“Program ini terbuka bagi mahasiswa yang baru ingin memulai bisnisnya atau masih dalam tahap ide, maupun mereka yang sudah memulai bisnisnya sejak lama. Bisa diajukan pada program ini dengan dua kategori yakni start up dan scale up. Selain ini, bagi mahasiswa yang berhasil ikut program ini, ITB memberikan rekognisi SKS bagi mahasiswa sekitar 3-5 SKS,” ucap Sonny.  

Informasi lebih lengkap perihal PMW X TOP ITB 2022 Batch 1

Sementara itu, Kepala Divisi Pengembangan Kewirausahaan LPIK ITB, Dr. Dina Dellyana mengatakan, pijaknya memiliki tujuan utama yaitu memacu budaya kewirausahaan dengan mendukung pengembangan ide-ide bisnis berbasis inovasi dan teknologi untuk meningkatkan jumlah wirausaha baru, yaitu dengan mengadakan program pelatihan, pembinaan dan pembekalan bisnis kepada civitas ITB yang memiliki ide-ide yang ingin dikomersialisasikan. 

Hal ini sesuai dengan tujuan strategis ITB untuk menjadi perguruan tinggi entrepreneur berbasis penelitian, membuat perlunya dibangun spirit atau jiwa entrepreneur pada mahasiswa. Untuk mendukung tujuan strategis tersebut LPIK menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang mencakup seminar, pelatihan , dan pendampingan.

“Program pada divisi kami ini ada 4 program. Salah satunya yaitu Business Idea Generation (BIG) yang bentuknya itu seperti hackaton. Jadi bagi mahasiswa yang memang belum pernah sama sekali mengikuti PMW itu seperti apa, bisa juga mengikuti program BIG terlebih dahulu karena di sini kalian dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman soal technology based business dan lainya,” ucap Dina. 

Bersamaan denggan penyelenggaraan acara tersebut, berlangsung pula program Saturday Lesson dari Ruang Guru, yang mengusung tema Building Your Business Through Commercial Strategy in A People Oriented Organization. 


 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung