English Language Indonsian Language

Gelar Training for Trainer (TFT), Ditmawa ITB Harapkan Tingkatkan Kemampuan Trainer CDT ITB

Minggu, 22 Januari 2023 | Reporter : Nur Rama Adamas | Editor : Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan-itb.ac.id - Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (Ditmawa ITB) mengadakan acara Training for Trainer (TFT) dalam program Character Development Training (CDT) ITB 2022 pada Sabtu, (21/01/2023) di Aula Lantai 4 Gedung Basic Science Center Kampus Ganesha. Kegiatan yang dihadiri 105 mahasiswa ini merupakan salah satu rangkaian acara CDT ITB 2022 tahap 2 yang puncak kegiatannya akan dilaksanakan di bulan Februari mendatang. 

Mengenai Character Development Training (CDT) ITB, program ini merupakan salah satu kegiatan unggulan yang dilaksanakan Ditmawa ITB di bawah pengawasan sub-bidang pengembangan pendidikan karakter. Adapun tujuan diadakannnya adalah untuk memberikan proses pelatihan dan pendampingan pendidikan karakter AIR (Adaptif, Integritas, Rendah Hati) kepada seluruh mahasiswa sarjana program tahap persiapan bersama (TPB) ITB setiap tahunnya. Dalam satu tahun keberjalanannya, kegiatan ini biasanya diadakan sebanyak dua kali, yaitu pada awal semester ganjil untuk CDT tahap 1 dan awal semester genap untuk CDT tahap 2. 

”Sebenarnya, program CDT ITB tahap 2 ini adalah bentuk training lanjutan dari CDT tahap 1 yang diadakan untuk mengingatkan kembali pemaknaan karakter AIR di kalangan mahasiswa TPB. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan semangat beraktivitas mahasiswa TPB baik secara akademik maupun nonakademik,” jelas Alfini Ridatillah selaku Ketua Penyelenggara CDT ITB 2022 saat ditemui oleh tim reporter Ditmawa ITB.

Lebih lanjut, Alfini menyampaikan bahwa untuk memastikan proses penyampaian materi CDT tahap 2 ini berjalan baik, seluruh mahasiswa yang menjadi trainer dalam acara ini harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu yang telah panitia rancang dalam program Training for Trainer (TFT) CDT ITB. 


”Karena nantinya mahasiswa yang menjadi trainer itu akan menyampaikan materi, kemampuan mereka dalam menguasai seluruh materi dan metode CDT 2 ITB ini menjadi sangat wajib untuk kami pastikan karena tolok ukur keberhasilan acara ini salah satunya berada di tangan mereka. Untuk itulah, kegiatan Trainig for Trainer ini kami adakan,” ucap Alfini. 

Dengan adanya arahan langsung dari Ketua Divisi Materi Metode, seluruh mahasiswa yang menjadi trainer kegiatan TFT CDT ITB ini mengikuti rangkaian acaranya dengan dua fokus pembahasan, yaitu (1) penyampaian materi pendalaman AIR yang diturunkan dalam kegiatan review; dan (2) kegiatan simulasi teknis metode Project Based Learning yang menjadi acuan keberjalanan CDT 2 ITB 2022. Adapun salah satu trainer CDT ITB menyebutkan bahwa kegiatan TFT kali ini berhasil membuatnya paham perihal alur materi yang akan dibawakan di CDT ITB tahap 2 nanti.

”TFT  hari ini banyak menjelaskan hal-hal teknis dan tools yang bisa digunakan oleh saya sebagai trainer dalam menyampaikan materi kepada trainee. Kemudian, saya pikir materi yang dibawakan Ditmawa ITB untuk CDT tahap 2 sangat tepat untuk mengingat materi materi tersebut sangat relate dengan kondisi trainee atau peserta CDT telah mengalami satu semester masa perkuliahan di ITB,” jelas Hielmy, salah satu trainer dari Program Studi Teknik Fisika  2020.

 

Reporter: Nur Rama Adamas (Teknik Sipil 2020)

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung