English Language Indonsian Language

Inisiasi Ide Atasi Rumitnya Masalah Transportasi, Tim Mahasiswa ITB Raih Juara 1 Kompetisi Analisis Transportasi CNE 2023

Minggu, 05 Maret 2023 | Reporter : Nur Rama Adamas | Editor : Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id - Beberapa Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) asal prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), yaitu Maria Dominica Wendy A,  Adil Rahmat Hidayah, dan Santa Maria Michael Abadi berhasil menjuarai ajang lomba Analisis Transportasi Civil National Expo (CNE) Universitas Tarumanegara 2023 pada Sabtu, (12-13/05/2023) lalu. Adapun tema yang dibawakan Lomba Analisis Transportasi ini adalah "Inovasi Konektivitas Angkutan Umum".

Ketua tim, Maria Dominica mengungkapkan bahwa ajang lomba analisis transportasi ini berfokus pada upaya analisis keadaan transportasi umum di daerah tertentu dan bagaimana meningkatkan konektivitas antar angkutan umum di daerah tinjauan melalu berbagai inovasi. Adapun lokasi yang ia dan tim pilih adalah Kota Bandung. Lebih lanjut, mahasiswa asal Jakarta ini menambahkan, jika tawaran solusi yang mereka buat memiliki cakupan yang cukup komprehensif di berbagai sektor.

"Ide kami sebenarnya meninjau berbagai fokus masalah. Misalnya, pada titik transit atau terminal, kami menawarkan penggunaan titik taman yang cukup banyak di Kota Bandung untuk menjadi titik simpul dari lintasan transportasi umum terutama untuk trans metro bandung. Kemudian, untuk solusi optimalisasi moda, kami tawarkan dengan mengurangi jumlah angkot agar lebih difokuskan penggunaannya untuk menjadi feeder dan menambah jumlah trans metro bandung untuk efisiensi transportasi dalam kota,” jelas Wendy.