English Language Indonsian Language

ITB Integrated Career Day October 2023 Hadir Kembali di Sabuga

Jumat, 20 Oktober 2023 | Reporter : Anne Rufaidah | Editor : Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id - ITB Integrated Career Days Oktober 2023 kembali digelar pada 20-21 Oktober 2023 di Gedung Sabuga ITB. Pada kesempatan tersebut, hadir perusahaan nasional dan multi-nasional juga pameran penyelenggaraan beasiswa dan kewirausahaan.

Menurut Kepala Subdirektorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan ITB, Dr. Hafiz Aziz Ahmad Ph.D, kegiatan ini rutin dilakukan oleh Direktorat Kemahasiswaan ITB melalui Subdirektorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan ITB atau ITB Career Center. Tujuannya adalah untuk menjembatani para profesional atau perusahaan dengan alumni-alumni ITB maupun masyarakat umum. Terlebih, minggu depan ITB akan melakukan prosesi wisuda yang akan diikuti sekitar 4000 calon wisudawan ITB.

“ITB Integrated Career Day October 2023 ini merupakan pameran bursa kerja ke-2 di tahun 2023. Sejak November 2022 kami menyelenggarakan kegiatan ini dalam format hybrid hingga hari ini. Sebagai kegiatan yang terintegrasi, pameran job fair ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk berikterasi langsung dengan lulusan ITB maupun umum dalam bentuk rekrutmen, info session, atau presentasi perusahaan saja. Tetapi diharapkan kegiatan ini bisa menginspirasi seluas-luasnya bagi kalangan professional yang hendak meniti karir atau pun wirausahawan yang terus mengembangkan bisnis,” papar Hafiz.

Ada yang sedikit berbeda dari ITB Integrated Career Days October 2023 ini, yaitu lebih eksklusif dan intim dimana jumlah perusahaan yang mengikuti acara ini berjumlah 10 perusahaan, baik nasional maupun multinasional. Ada sesi Focus Group Discussion bersama perusahaan yang hadir untuk membahas mengenai karakter atau kriteria seperti apa yang dibutuhkan agar alumni atau lulusan ITB dapat diterima di Perusahaan tersebut, lalu bagaimana proses rekrutmen yang dilakukan oleh Perusahaan, dimana saat ini sudah ada arahan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaam Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi agar melakukan rekrutmen sebelum mahasiswa itu lulus melalui program magang yang dibuka dalam program Kampus Merdeka.

Adapun perusahaan – Perusahaan yang berpartisipasi antara lain PT Astra International, Tbk, PT Promanufacture Indonesia, PT The Sixth Chemical Engineering Construction, PT Paragon Technology and Innovation, Amazon Web Services, PT QMB NEW ENERGY MATERIALS, PT. MATTEL INDONESIA, PT. BANK OCBC NISP, STAR ENERGY GEOTHERMAL INDONESIA, PT, Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT. Bank Negara Indonesia.

Selain pameran dari perusahaan-perusahaan peserta acara ITB Integrated Career Days October 2023 ini, adapula pameran produk dari mahasiswa ITB yang mengikuti program P2MW. Dengan menampilkan prototype dari produk-produk yang dihasilkan, diharapkan dengan hal ini memacu para mahasiswa untuk lebih meningkatkan entrepreneurial skill yang dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat kelak.

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung