English Language Indonsian Language

Gelar Webinar Pengenalan AI, ITB Harapkan Mahasiswa TPB Mampu Pelajari AI Secara Bijak

Rabu, 25 Oktober 2023 | Reporter : Nur Rama Adamas | Editor : Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Direktorat Pengembangan Pendidikan Institut Teknologi Bandung (Ditbangdik ITB) menggelar acara Webinar Pengenalan Artificial Intelligence (AI) bagi mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) ITB pada Selasa, (24/10/2023) lalu. Kegiatan ini merupakan program kerjasama antara Ditbangdik ITB dengan Lembaga Pusat AI ITB dan Lembaga Tahap Persiapan Bersama (LTPB) ITB. Tujuannya adalah sebagai pengantar awal pemberian mata kuliah AI bagi mahasiswa TPB. Adapun pembicara dan tamu undangan yang turut hadir dalam acara ini adalah Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., Prof. Dr. Ir Bambang Riyanto Trilaksono, Dr. Eng. Ayu Purwarianti, S.T, M.T., dan Dr Muhammaf Ghifary.

Di awal acara, Prof. Reini menyampaikan bahwa AI adalah salah satu teknologi yang penting untuk dipelajari oleh mahasiswa. Dengan menggunakan AI, pekerjaan-pekerjaan yang mereka miliki akan terasa menjadi lebih ringan. Efisiensi dari sisi waktu adalah salah satu manfaat menarik yang bisa didapatkan mahasiswa jika mereka bisa menggunakan AI ini dengan bijak.

”AI adalah teknologi canggih. Oleh karena itu, semua ini harus dipelajari. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang sangat dekat dengan teknologi, ITB berkomitmen untuk membekali mahasiswa kami dengan ilmu ini. Harapannya, mahasiswa bisa paham cara menggunakan AI dengan bijaksana sehingga di masa depan mereka tidak akan terperangkap ke dalam korban AI atau bahkan menyalahgunakannya,” jelas Prof. Reini.

Lebih lanjut, Dr. Ghifary mengungkapkan bahwa penggunaan AI dalam kehidupan masyarakat semakin perkembang secara eksponensial. Menurutnya, teknologi ini mampu memberikan tiga value kepada penggunanya, di antaranya: (1) membantu menjadi teman berpikir manusia dalam penyelesaian masalah; (2) melakukan optimasi untuk proses pekerjaan manusia yang berulang; dan (3) memberikan sistem rekomendasi pekerjaan yang lebih personal dan tepat kepada manusia yang menjadi penggunanya.

”Pada dasarnya, AI adalah sebuah pengembangan sistem komputer untuk bisa mengerjakan pekerjaan manusia. Sama halnya dengan kita, teknologi ini mencoba memberikan solusi dari setiap masalah yang ada dengan cara meniru kecerdasan kita, seperti visual perception, speech recognition, learning, decision-making, dan natural language processing,” jelas Dr. Ghifary.

Senada dengan ungkapan tersebut, Dr. Ayu turut menambahkan bahwa penggunaan AI di dunia saat ini telah masuk ke dalam tahap demoraktisasi. Ia menilai, setiap bidang dalam kehidupan masyarakat telah menerapkan AI dalam prosesnya, salah satunya adalah ChatGPT. Menurutnya, AI jenis ini adalah teknologi AI yang baru dikembangkan oleh para ahli, tetap mendapat anim yang besar di masyarakat sehingga penggunaannya cukup masif.

”ChatGPT adalah salah satu AI bungsu yang sangat digemari oleh masyarakat. Namun, jika kita melihat teknologi di balik AI ini, sebenarnya proses yang dilakukan oleh AI ini cukup mirip-mirip dengan teknologi lainnya, yaitu Stochastic Parrot. Meskipun begitu, karena data yang digunakan cukup banyak, maka data yang dihasilkan oleh alat ini cukup bisa memberikan hasil yang baik dan memuaskan pengguna,” tutur Dr. Ayu.

Di akhir acara, Prof. Bambang turut mengingatkan bahwa sejatinya AI ini adalah bentuk analogi dari sistem kecerdasan manusia. Sama seperti manusia, AI ini melakukan persepsi lingkungan dengan sistem mereka yang kemudian diolah sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan output yang diinginkan.

”Karena kita sudah memahami bahwa AI ini penting dan sangat dekat kita, maka mempelajari teknologi ini adalah sebuah keharusan. Maka dari itu, di ITB kedepannya kita akan belajar perihal AI dalam tiga perspektif, yaitu supervised learning, unsupervised learning, dan reinforcement learning,” pungkas Prof. Bambang.

 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung