English Language Indonsian Language

Sejumlah Mahasiswa ITB Ikuti Seleksi ONMIPA Tingkat ITB

Senin, 18 Maret 2024 | Reporter : Chandra Agusti Budiman | Editor : Chandra Agusti Budiman

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id - Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) mengikuti seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) tingkat ITB di Kampus Ganesha ITB, Kota Bandung, Sabtu (2/3/2024).

Direktorat Kemahasiswaan ITB melalui Seksi Pengembangan Prestasi menggelar seleksi peserta ONMIPA tingkat ITB, peserta seleksi diikuti oleh mahasiswa dari berbagai jurusan, tidak hanya mahasiswa dari jurusan matematika dan ipa saja. ONMIPA merupakan kompetisi tingkat nasional untuk jenjang sarjana yang mengujikan empat mata bidang yaitu kimia, fisika, matematika dan biologi. ONMIPA diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang digelar setiap tahun, di tahun 2024 ini akan digelar di Universitas Hasanuddin Makassar pada 12-17 Mei mendatang.

Kepala Seksi Pengembangan Prestasi Mahasiswa (BangPres), Caska, menjelaskan bahwa seleksi peserta tingkat ITB ini telah melewati proses yang panjang untuk melahirkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi yang akan berkancah di tingkat nasional maupun Internasional, “ya tentu kita ada open recruitment dulu, kita sebarkan ke seluruh mahasiswa untuk mendaftar. Setelah sudah ada nama-nama pendaftar, kita juga harus menentukan juri yang merupakan dosen-dosen dari ITB” kata Caska.

Ia juga menjelaskan setelah proses penyelenggaraan seleksi tingkat ITB, dilakukan penilaian dari juri. Sesuai ketentuan dari BPTI, masing-masing bidang ilmu akan memilih lima nama terbaik dengan total dua puluh nama yang berikutnya akan mengikuti seleksi tingkat wilayah.

Caska menambahkan bahwa Direktorat Kemahasiswaan ITB harus mendorong mahasiswa untuk dapat berpartisipasi penuh pada ajang-ajang besar di tingkat nasional maupun internasional, “kita harus terus aktif untuk menerbitkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi dengan membantu mereka dengan bantuan dana sehingga bisa mengikuti berbagai kompetisi yang diselenggarakan oleh pemerintah atau swasta” pungkasnya.

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung