English Language Indonsian Language

Semaraknya Festival Arak-Arakan Wisuda April ITB 2024

Jumat, 03 Mei 2024 | Reporter : Anne Rufaidah | Editor : Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id - Arak - Arakan sudah menjadi budaya yang mengakar di kalangan mahasiswa ITB. Setiap tahunnya prosesi arak - arakan dilakukan sebagai wujud apresiasi kepada para wisudawan karena berhasil menyelesaikan pendidikannya.

Minggu (28/4/2024) Kampus Institut Teknologi  Bandung kembali diramaikan dengan arak - arakan wisuda april 2024. Sebanyak 658 wisudawan dengan gelar sarjana mengikuti tradisi ini dengan penuh semangat dan kegembiraan.

Arak - Arakan dimulai dari lapangan futsal saraga ITB dilanjutkan ke Tunnel dan mengitari kawasan kampus ITB Ganesha. Puncak arak - arakan terjadi di Tunnel, terowongan keramat yang sudah sejak lama menjadi ajang unjuk gigi massa himpunan dalam berorasi dalam parade wisuda ITB.

Berbagai kostum dan tema yang diusung, serta warna warni jaket himpunan membuat suasana arak - arakan semakin ramai. Sebanyak 34 himpunan berpartisipasi dalam pawai ini, mengarak para wisudawan dengan balutan toga penuh kebanggaan. Derap langkah dan riuh gembira mengiri langkah para wisudawan saat memasuki Tunnel.

Tak hanya itu, pensuasanaan yang mendukung tercipta berkat kreativitas para mahasiswa. Topi toga dihiasi aksesoris unik, kostum yang beragam, spanduk yang menghiasi dinding - dinding Tunnel dan yel -yel serta nyanyian yang bergema di udara membuat atmosfer kampus semakin hidup.

Konsep arak-arakan yang diusung tiap himpunan bervariasi. Misalnya KMM ITB dan IMK Artha yang mengusung konsep Bandung Carnival, Himatika ITB dengan konsep The Greatest Snowman, HMFT ITB dengan tema Star Wars, dan masih banyak lagi.

Secara keseluruhan tema yang diangkat dalam parade wisuda kali ini adalah teater. Yosua (Teknik Perminyakan’ 22), Ketua Parade Wisuda April 2024 menerangkan bahwa tema yang diusung kali ini menggambarkan seorang wisudawan yang sedang bermain diatas panggung teater.

“Secara subjektif saya menilai bahwa para wisudawan dalam menjalani perkuliahan itu tidak hanya senang terus, tapi pasti ada sedihnya  dan keosnya. Nah dalam kondisi itu, para wisuda itu seperti dalam pertunjukkan, dimana di panggung teaternya itu dianggap sebagai ITB dan pemeran - pemeran di atasnya itu adalah wisudawan,” jelas mahasiswa teknik perminyakan itu.

Arak-arakan wisuda ITB bukan hanya sekadar tradisi, tetapi juga merupakan simbolis dari akhir perjuangan di bangku kuliah dan awal dari babak baru dalam kehidupan para wisudawan. Diharapkan dengan semangat dan ilmu yang telah diperoleh, para wisudawan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi bangsa dan negara.

Bukan hanya sebagai selebrasi, parade wisuda april ITB menjadi momen haru sekaligus bangga. Harapannya momen ini tidak hanya sebagai bentuk apresiasi kepada para wisudawan, tetapi juga dukungan kepada para wisudawan agar selalu berkarya dan menjadi insan yang bermanfaat di masyarakat dengan bekal ilmu yang sudah diperoleh. 

 

Reporter : Nur Asyiah (Rekayasa Pertanian 2021)

 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung