English Language Indonsian Language

Stefania Carla Ajak Wujudkan Keharmonisan Manusia dan Alam pada Student Speaker TEDX ITB

Senin, 27 Mei 2024 | Reporter : Nur Asyiah | Editor : Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id - Stefania Carla mahasiswa Rekayasa Pertanian 2021 menjadi salah satu student speaker dalam seminar yang diadakan oleh TEDxITB.  TEDxITB merupakan salah satu acara yang  yang beroperasi di bawah lisensi organisasi TED  dengan tujuan mewujudkan misi  bahwa “ideas worth spreading” melalui komunitas yang ada di dunia dengan membawa  ide dan inovasi yang membawa perubahan dan pergerakan positif. 

Stefania Carla membawakan seminar bertajuk “Harmony between Human and  Nature” dalam acara TEDxITB. Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa Rekayasa Pertanian yang kerap disapa Carla menyampaikan bahwa alam merupakan suatu entitas yang hidup, sehingga untuk mewujudkan keberlanjutan, korelasi antara manusia dan alam harus terbentuk secara harmoni.

Local wisdom dan science bisa menjadi solusi dari permasalahan lingkungan saat ini. Sudah saatnya manusia tidak melihat alam hanya sebagai modal penggerak ekonomi saja. Manusia harus bisa lebih mengenal alam dan segala kompleksitasnya. Dengan begitu manusia akan sadar, bahwa manusia itu sendiri adalah bagian dari alam dan dengan cara itu manusia bisa lebih menghargai lingkungan,” terang Carla.

Carla juga mengingatkan untuk mengapresiasi jasa - jasa makhluk hidup yang yang mendukung keberlanjutan alam. “Terkadang kita kurang mengapresiasi peran-  peran makhluk hidup seperti lebah sebagai nature pollinator dan cacing tanah sebagai soil engineer. Padahal makhluk hidup sekecil itu punya peran yang sangat penting untuk  keberlanjutan, biodiversitas, dan ketahanan pangan,” jelas mahasiswa rekayasa pertanian itu. Hal ini diungkapkannya karena ketiadaan makhuk hidup dapat berdampak signifikan terhadap kehidupan manusia.

Menjadi student speaker merupakan pertama kalinya bagi Carla dan merupakan suatu yang membanggakan sekaligus mengharukan. Pasalnya Carla  merupakan sosok yang enggan bercerita ke orang lain. Tetapi, adanya TED memotivasi Carla untuk berani dan percaya dalam mengungkapkan ide. 

Perjuangannya menjadi student speaker dalam TEDxITB dimulai ketika Carla menjadi MC dalam kegiatan yoga yang dihadiri oleh 20 orang peserta. Pengalaman public speakingnya bertambah ketika dia menjadi representatif speaker yang dipilih oleh SRE dengan audiens sebanyak 60 peserta. Hal ini yang membuat Carla lebih percaya diri hingga akhirnya terpilih menjadi salah satu dari 6 speaker dalam TEDxITB.

Dengan menjadi speaker dalam TEDxITB, menjadi pelajaran untuk Carla untuk berani dalam  berani bercerita, berani mengungkapkan ide, dan percaya sama ide yang kita punya. Carla berharap agar seminarnya bermanfaat dan menyadarkan manusia untuk peduli terhadap keberlanjutan alam dengan membangun korelasi yang harmonis antara manusia dan alam.

 

 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung