English Language Indonsian Language

Eksplor Penanganan Pasca Panen, Mahasiswa ITB Kuliah Lapangan ke Garut

Senin, 03 Juni 2024 | Reporter : Nur Asyiah | Editor : Anne Rufaidah

JATINANGOR, kemahasiswaan.itb.ac.id - Dalam rangka memperdalam pemahaman tentang teknik panen dan pascapanen modern, sebanyak 63 mahasiswa Rekayasa Pertanian mengikuti kegiatan kuliah lapangan ke Garut, Jawa Barat (11/5/2024). Kuliah lapangan ini merupakan agenda dari mata kuliah Teknik Panen dan Pasca Panen Hasil Pertanian yang diampu oleh 2 dosen yaitu Dr. Rijanti Rahaju Maulani, S.P., M.Si. dan Dr. Ir. Asep Hidayat, MP.

Kuliah lapangan ini memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan yang sudah dipelajari di kelas. Terdapat 3 lokasi yang dituju pada kuliah lapangan kali ini, meliputi CV. Cantigi Farm, Kebun Edukasi Eptilu, serta PT. BCRP “Lumbung Padi Garut”. 

Kunjungan pertama dilakukan di CV. Cantigi Farm, perusahaan agribisnis di Desa Cikandang yang berfokus  pada budidaya benih dan sayuran hortikultura. Mahasiswa mendapatkan penjelasan langsung dari teknisi mengenai budidaya tomat, paprika, kentang, hingga cabai. Mahasiswa juga dikenalkan dengan teknologi drip irrigation terintegrasi dengan IOT sebagai sistem irigasi yang diterapkan CV. Cantigi Farm untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Selanjutnya mahasiswa melanjutkan perjalanan ke Kebun Edukasi Eptilu yang terletak tidak jauh dari CV. Cantigi Farm. Selain sebagai agrowisata, Kebun Edukasi Eptilu juga berfungsi sebagai pusat edukasi untuk mahasiswa dan masyarakat. Disini mahasiswa belajar mengenai pengolahan pasca panen hasil pertanian untuk komoditas tomat dan jeruk mulai dari tahap grading hingga packaging.

Lokasi terakhir mahasiswa berkesempatan untuk mengunjungi PT. BCRP “Lumbung Padi Garut”. PT. BCRP “Lumbung Padi Garut” merupakan salah satu perusahaan agribisnis yang menjalin mitra kerja sama dengan para petani untuk menerima dan menangani hasil panen kacang edamame, lettuce, buncis, dan ubi jepang.

“Jadi kita sifatnya kemitraan, kita ngasih pinjaman benih ke petani dan hasilnya kita tampung dengan harganya yang sudah ditentukan di awal,” ujar salah satu pengurus PT. BCRP “Lumbung Padi Garut”.

Mahasiswa melihat secara langsung bagaimana para teknisi disana mengelola edamame mulai dari tahap pembersihan, sortasi, grading, hingga pengemasan. Dosen pengampu mata kuliah Teknik Panen dan Pasca Panen Hasil Pertanian sekaligus yang mendampingi kuliah lapangan ini berharap mahasiswa bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga.

“Harapannya kalian bisa memperoleh tambahan ilmu dan juga pengalaman yang berharga, serta dapat membandingkan dengan materi - materi yang sudah kalian pelajari di kelas dengan di lapangan,” pungkasnya.

 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung