English Language Indonsian Language

Asrama Festival 2024; Apresiasi Seni Bertabur Prestasi dan Penghargaan bagi Penghuni Asrama ITB

Rabu, 12 Juni 2024 | Reporter : Anne Rufaidah | Editor : Anne Rufaidah

JATINANGOR, kemahasiswaan.itb.ac.id – Dalam rangka menunjang keberhasilan pengembangan karakter untuk penghuni dan tutor, Bidang Sumber Daya Anggota Asrama ITB bertindak sebagai penyedia wadah untuk penghuni dan tutor dalam mengembangkan dirinya. Sehingga diperlukan wadah yang cukup baik untuk mendukung pengembangan diri tersebut agar menjadi seseorang yang lebih kreatif dan berani.

Dalam hal ini, bidang Sumber Daya Anggota (SDA) `Tutor Asrama ITB memberikan wadah kepada penghuni dan tutor Asrama ITB mengenai pengembangan diri dalam bidang kesenian. Kegiatan tersebut nantinya akan menjadi satu rangkaian dengan salah satu kegiatan tahunan di asrama, yaitu Pengabdian Masyarakat. Kegiatan yang diadakan oleh Bidang SDA Tutor Asrama ITB adalah Asrama Festival.

Kegiatan yang dimaksudkan untuk menjaring kreativitas mahasiswa ITB khususnya yang menempati asrama,  pihak Asrama ITB pun menggelar kegiatan akbar bertajuk Asrama Festival 2024. Acara yang diselenggarakan pada bulan April lalu di kampus ITB Jatinangor tersebut menjadi wadah kreativitas dan inovatif mahasiswa dalam mengembangkan dirinya.

Ketua Pelaksana Asrama Festival 2024, Yadi mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut diantaranya untuk mendukung program pengembangan diri penghuni TPB dan Tutor Asrama ITB dalam bidang kesenian. Tak hanya itu, kegiatan ini menjadi salah satu wadah bagi penghuni TPB dan Tutor Asrama ITB dalam menyalurkan bakatnya dalam bidang kesenian, serta meningkatkan kemampuan penghuni TPB dan Tutor.

Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong ide dan kreatifitas penghuni Asrama ITB dan Tutor Asrama dalam bidang seni. Melalui acara ini diharapkan mahasiswa TPB khususnya KIPK semakin llebih kreatif, berani, dan berkembang menggapai cita - cita mereka,” ucap Yadi.

Ia memaparkan, pada kegiatan festival ini diramaikan dengan rangkaian acara berupa pengabdian masyarakat yang sebelumnya sudah terlaksana. Lalu ada juga acara “Asrama Got Talent”, serta acara puncak berupa apresiasi penghuni dan tutor berprestasi. Pada kegiatan pengabdian masyarakat Asrama Ganesha misalkan, mahasiswa melakukan pembersihan sungai Cikapundung sedangkan para penghuni Asrama Jatinangor melakukan penambahan fasilitas musala ITB Jatinangor, serta kunjungan panti asuhan.

“Untuk acara Asrama Got Talent merupakan ajang pencarian bakat penghuni dan tutor asrama ITB. Selain itu kami juga memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap penghuni dan tutor asrama ITB yang berprestasi, baik akademik maupun non-akademik,” terang Yadi.

Hadir pada kesempatan membuka kegiatan tersebut, Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa Ditmawa ITB, Ir. Hendri Syamsudin M.Sc.,Ph.D. Pihaknya mengapresiasi semangat dan tekad panitia maupun para penghuni asrama ITB yang begitu antusias meramaikan kegiatan tersebut. Menurutnya, banyak program kegiatan kemahasiswaan bagi penghuni asrama yang sangat krusial, khususnya dalam pengembangan karakter mahasiswa.

“Kegiatan kemahasiswaan bagi penghuni asrama sangat penting. Salah satunya kegiatan Asrama Festival ini. Bagaimana kegiatan ini bisa mendorong mahasiswa untuk terus semangat dalam berkreasi, berinovasi, dan bekerja sama dengan sesama penghuni asrama lainnya. Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi bagi panitia penyelenggara, tutor asrama dan juga penghuni asrama lainnya yang sudah berusaha keras menyelenggarakan dan meramaikan kegiatan ini,” tutup Hendri.

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung