BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) meresmikan Unit Layanan Terpadu yang diberi nama Information Center ITB (IC ITB) pada Rabu, 3 Juli 2024. Acara peresmian yang berlangsung di ITB Kampus Ganesha ini juga dihadiri oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., dan Direktur Institutional Banking PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Munadi Herlambang. IC ITB ini akan menjadi pusat layanan seluruh informasi yang berkaitan dengan ITB.
IC ITB ini merupakan realisasi dari inisiatif pembangunan Unit Layanan Terpadu (ULT) yang telah dicanangkan sejak tahun 2022, dengan dukungan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melalui program corporate social responsibility (CSR). Pembangunan unit ini bertujuan untuk meningkatkan standar layanan informasi akademik dan dokumen di ITB, mengintegrasikan semua layanan di lingkungan ITB ke dalam layanan satu pintu, serta merealisasikan transformasi layanan akademik secara digital dan terpadu. Selain itu, IC ITB juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya di lingkungan ITB.
Dalam sambutannya, Prof. Reini Wirahadikusumah menyampaikan rasa syukurnya atas terwujudnya fasilitas inim, dan juga menyampaikan apresiasinya kepada mitra BNI.
“Jadi, sama dengan BNI, harus gotong royong membangun pendidikan di Indonesia ini. Jadi, Insya Allah, semangat BNI berbagi kepada kami, kami juga meneruskannya kepada stakeholder. Jadi, ITB itu sangat ingin punya ini. Kalau ke ITB, ke mana? (Jawabannya) kesini (IC ITB). Apa pun pertanyaan Bapak-Ibu semuanya, bisa ke sini. Jadi, Insya Allah, kita bisa menjadi institusi yang lebih berdampak lagi.
Terima kasih BNI sudah memiliki sikap gotong royong dalam membangun pendidikan di Indonesia ini. Semangat berbagi BNI kami teruskan kepada semua stakeholders. Alhamdulillah, fasilitas ini sudah lama kita desain dan akhirnya bisa terwujud. Kami sangat ingin punya pusat informasi utama di ITB. Apapun pertanyaan Bapak-Ibu, semuanya ke sini. Insya Allah, kita menjadi institusi yang lebih berdampak lagi,” ujarnya.
Sementara itu, Munadi Herlambang dalam sambutannya juga mengungkapkan rasa syukurnya atas kolaborasi ini. “Siang hari ini, kita bisa mensyukuri dan meresmikan Information Center ITB. Jika ada kendala, jawabannya di sini, (bahkan) orang baru sekalipun, orang tua, mahasiswa, bisa tanya apa pun di tempat ini. Semuanya kolaborasi yang luar biasa. Kami berharap, kita dapat berkolaborasi dalam jangka panjang,” kata Munadi.
Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan seremonial pengguntingan pita oleh Rektor ITB dan Direktur Institutional Banking BNI sebagai simbol diresmikannya Information Center ITB. Kemudian, dilaksanakan penyerahan cendera mata dari kedua pihak sebagai tanda penghargaan dan apresiasi atas kerjasama yang telah terjalin.
Information Center ITB yang dibangun di antara Gedung Campus Center Barat dan Gedung Campus Center Timur ini menyediakan berbagai layanan yang dapat diakses oleh sivitas akademika, tenaga kependidikan, serta masyarakat umum. Layanan yang tersedia mencakup informasi akademik, kemahasiswaan, keuangan, kepegawaian dan purnabakti, kealumnian dan umum, sarana prasarana, serta teknologi informasi. Keberadaan IC ITB juga merupakan bentuk komitmen ITB dalam melaksanakan kebijakan Keterbukaan Informasi serta upaya integrasi sistem yang telah dikembangkan selama ini.
Setelah acara peresmian, para hadirin diajak untuk mengunjungi langsung IC ITB yang dipandu oleh Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Dr. Naomi Haswanto, M.Sn. Kunjungan ini memberikan kesempatan bagi para tamu undangan untuk melihat langsung fasilitas dan layanan yang disediakan oleh IC ITB.
Dengan peresmian IC ITB ini, ITB berharap dapat memberikan kemudahan akses informasi serta meningkatkan standar pelayanan dan dapat menjadi langkah maju dalam transformasi layanan akademik yang lebih efisien, digital, dan terpadu.
Dokumentasi: Iko Sutrisko Prakasa Lay