English Language Indonsian Language

Pelantikan Tutor Asrama ITB 2024/2025: Hidupkan Pembinaan dan Pembiasaan Karakter di Lingkungan Asrama

Kamis, 17 Oktober 2024 | Reporter : Iko Sutrisko Prakasa | Editor : Anne Rufaidah

JATINANGOR, kemahasiswaan.itb.ac.id – Asrama ITB secara resmi melantik 132 Tutor Asrama untuk periode 2024/2025 yang tersebar di tiga asrama berbeda, yakni Asrama Jatinangor, Asrama Ganesha, dan Asrama Cirebon. Pelantikan ini dilangsungkan oleh Direktur Direktorat Kemahasiswaan ITB, D. Arch. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn.. di GOR Futsal, ITB Kampus Jatinangor, Sabtu (21/9/2024).

Acara dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Rektor ITB yang mengesahkan penunjukan 132 mahasiswa sebagai Tutor Asrama. Tutor-tutor ini akan bertugas hingga 30 Juni 2025, dengan fokus utama pada pembinaan dan pembiasaan karakter, disiplin, dan tanggung jawab pada mahasiswa ITB penghuni asrama. Peran tutor asrama ITB sangat diperlukan, mengingat asrama ITB tidak hanya sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai wadah pembinaan akademik dan non-akademik.

Dalam sambutannya, Direktur Direktorat Kemahasiswaan ITB, D. Arch. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn., menekankan pentingnya peran Tutor Asrama dalam menciptakan lingkungan yang kondusif yang mendukung perkembangan akademik dan non-akademik para penghuni asrama.

“Tutor Asrama adalah ujung tombak dalam pembinaan karakter mahasiswa. Melalui nilai-nilai adaptif, integritas, dan rendah hati, kita harapkan para tutor dapat menjadi teladan bagi mahasiswa lainnya,” ujarnya.

Konsep living and learning community menjadi landasan utama dalam program pembinaan dan pembiasaan di asrama ITB. Setiap Asrama ITB memiliki pendekatan pembinaan asrama yang sedikit berbeda. Di Asrama Jatinangor, asrama mengusung konsep pembinaan yang mencakup pengembangan akademik, bakat, dan kesehatan mental. Program-program yang dirancang bertujuan untuk membantu mahasiswa TPB (Tahap Persiapan Bersama) ITB belajar disiplin dan menjaga kesehatan fisik serta mental mereka. Tutor Asrama di Jatinangor, yang berjumlah 72 orang, diharapkan dapat membimbing mahasiswa baru untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus dan asrama.

Sementara itu, Asrama Ganesha dan Asrama Cirebon menerapkan konsep asrama pembiasaan, yang bertujuan untuk menanamkan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari para penghuni asrama. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di kedua asrama ini dirancang untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa. Dengan total 48 tutor di Asrama Ganesha dan 12 tutor di Asrama Cirebon, tutor asrama akan berperan dalam mengawal dan membimbing para penghuni untuk menjadi individu yang lebih bertanggung jawab dan berkarakter.

Selain menyediakan kegiatan yang mendukung dalam hal akademik, tutor asrama juga berperan dalam pembinaan nilai-nilai seperti rendah hati, integritas, adaptif, nasionalisme, dan kepemimpinan. Nilai-nilai ini diharapkan tertanam dalam diri para penghuni asrama dan menjadi landasan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Acara pelantikan ini diakhiri dengan penyerahan estafet kepengurusan secara simbolis kepada perwakilan Tutor Asrama ITB, yang ditandai dengan pengalungan ID card Tutor oleh Prasetyo kepada perwakilan tutor asrama. Dengan ini, para tutor asrama secara resmi mengemban tugas selama satu tahun ke depan.

Dengan kehadiran Tutor Asrama, diharapkan para penghuni asrama dapat mengembangkan potensi diri mereka secara maksimal dan menjadi pribadi yang berkarakter, siap menghadapi tantangan akademik dan kehidupan di luar kampus.

 

 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung