English Language Indonsian Language

ITB Jadi Tuan Rumah Kegiatan Supervisi Beasiswa Kemdikbud RI

Senin, 27 Desember 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB - Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menunjuk ITB sebagai salah satu tuan rumah dalam pelaksanaan Supervisi Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka, Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) dan Bantuan UKT Tahun 2021. Acara tersebut digelar pada 23 Desember 2021 di Campus Center Timur, Kampus ITB Ganesha. 

Kepala Seksi Beasiswa Pemerintah, Ratih Rahmawati A.Md mengatakan, kegiatan tersebut dihadiri oleh 6 perwakilan dari 6 perguruan tinggi dan politeknik yang ada di Bandung, diantaranya  Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Politeknik Manufaktur (Polman), Politeknik Bandung (Polban), Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. 

“Pada acara tersebut, setiap perguruan tinggi dan politeknik yang hadir mengisi kuesioner tentang bagaimana sistem, proses, maupun kendala yang dihadapi saat mengelola beasiswa ADik, KIPK, dan Bantuan UKT,” ucap Ratih. 

Seperti diketahui, Program Indonesia Pintar pendidikan tinggi yang mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) merupakan salah satu bentuk bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang kurang mampu.  Untuk melengkapi bantuan beasiswa, maka Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) diberikan bagi mahasiswa yang kesulitan akses pendidikan tinggi terutama bagi mahasiswa dari Papua, Papua Barat dan wilayah 3T.  Sedangkan untuk Beasiswa ADik adalah salah satu intervensi kebijakan pendidikan yang bersifat afirmasi dalam bentuk Bantuan Pemerintah untuk memberikan kesempatan belajar kepada mahasiswa karena kondisi dan keberadaanya sehingga mengalami kesulitan dan keterjangkauan akses pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi. 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung