English Language Indonsian Language

Hadirkan KSAD TNI, ITB Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan HUT Menwa Jabar ke-63

Senin, 20 Juni 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Resimen Mahasiswa (Menwa) ITB menjadi tuan rumah pelaksanaan HUT Menwa Jabar ke-63 tahun. Berlokasi di Gedung Sasana Budaya Ganesha, HUT Menwa kali ini dibuka dengan kegiatan upacara bendera dan dilanjutkan dengan seminar kebangsaan yang disampaikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M.

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan materi “Arti Penting Wawasan Kebangsaan, dalam Rangka Memupuk Rasa Cinta Tanah Air dan Nasionalisme,”. Ia menyebutkan terjadinya inovasi secara fundamental mengubah system tatanan yang ada ke cara baru yang cenderung menggunakan teknologi  dan dunia maya sebagai platform utamanya menjadikan dunia tanpa batas. Besarnya penggunaan dunia maya dengan didukung jaringan internet berpengaruh langsung terhadap kehidupan masyarakat dunia pada tataran global.

“Meski demikian, mahasiswa perlu memahami nilai-nilai bangsa Indonesia sebagai wawasan kebangsaan. Hal ini menyatu secara utuh, menjadi jiwa bangsa Indonesia dan nilai-nilanya mengkristal dalam Pancasila sebagai nilai ke-indonesia-an,” jelas Dudung.

Ia pun menyebutkan bahwa kondisi Indonesia yang beragam seharusnya bisa menciptakan kehidupan toleran, berwawasan kebangsaan, dan ke-indonesia=an yang bertujuan mempercepat tercapainya akses keadilan. Adapun peran mahasiswa dalam memperkuat persatuan dan kesatuan diantaranya, menjadi agen perubahan melalui pengetahuan, ide, dan keterampilan yang dimiliki. Lalu, mahasiswa juga menjadi penjaga nilai terutama nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Mahasiswa juga diposisikan sebagai penerus bangsa yang menjaga dan mewariskan nilai-nilai Pancasila tersebut pada keturunan dan generasi berikutnya. Terakhir, mahasiswa juga berperan sebagai pengontrol sosial baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor ITB Prof. Ir. Reini D. Wirahadikusumah Ph.D menyampaikan karakter yang perlu dimiliki oleh seorang mahasiswa dalam menghadapi masa depannya yaitu sikap adaptif, kecerdasan yang komprehensif, inovatif serta produktif. Hal ini menjadi aspek-aspek yang diimplementasikan dalam setiap kegiatan akademik maupun non-akademik di ITB.

“Pada dasarnya, kita ingin memiliki mahasiswa yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik. Ia harus bernalar kuat dan sehat serta memiliki kondisi sosio-emosinal yang baik pula. Dengan itu, saya yakin mereka akan mampu bekerja sama dan tidak akan maju sendiri dalam menjaga keutuhan dan persatuan NKRI,” jelasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Korps Menwa Indonesia, Komandan Satuan TNI AD, DAN Secapa, Dan Lanud, Dan Kavaleri, Armed, dan Angkatan Udara.

 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung