English Language Indonsian Language

Ditmawa ITB Sosialisasikan Kurikulum Kemahasiswaan untuk Sukses di Masyarakat

Selasa, 02 Januari 2024 | Reporter : Satria Octavianus Nababan | Editor : Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id - Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (DITMAWA ITB) menggelar acara Silaturahmi dan Sosialisasi Program Kemahasiswaan beberapa waktu lalu (23/12/2023), di Ruang Multipurpose Gedung CRCS Lt. 3. Acara ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan, termasuk Ketua Kabinet Keluarga Mahasiswa (KM), Ketua Himpunan Mahasiswa, Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Dosen Pembimbing/Koordinator Kemahasiswaan dari Fakultas/Sekolah/Program Studi ITB.

Dalam sambutannya, Direktur DITMAWA ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama, S,Sn., M.Sn. menekankan pentingnya pembentukan karakter mahasiswa sebagai insan sosial. Beliau menyampaikan bahwa karakter lulusan ITB yang diharapkan tidak hanya dapat diperoleh melalui kegiatan akademik formal, melainkan juga melalui interaksi sosial di luar kelas.

"Sebagian besar keterampilan sosial, bahkan keterampilan akademik, diperoleh mahasiswa dari berbagai bentuk interaksi sosial di luar kelas. Interaksi ini membentuk watak, sikap, keterampilan, dan kepekaan sosial yang dibutuhkan dalam menerapkan keterampilan akademik di masyarakat," ucap Prasetyo.

Dalam paparannya, Prasetyo menyoroti beberapa kompetensi yang dianggap penting bagi alumni ITB agar sukses berkontribusi di masyarakat, seperti kecerdasan emosional, kerja tim, manajemen diri dan orang lain, kreativitas, berpikir kritis, dan kemampuan memecahkan masalah kompleks. Tracer study menunjukkan bahwa sebagian besar kompetensi tersebut diperoleh mahasiswa saat aktif berkegiatan di himpunan prodi.

Menanggapi hasil psikotes yang menunjukkan bahwa sekitar 1/3 mahasiswa baru ITB perlu meningkatkan kemampuan sosio-emosional, Prasetyo menyampaikan bahwa terdapat empat kategori kegiatan kemahasiswaan yang dapat diikuti, yakni Organisasi Mahasiswa (OM), Pengabdian Masyarakat/Proyek Kemanusiaan (PMM), Kegiatan Wirausaha (WM), dan Kegiatan Prestasi Mahasiswa (PM).

Dalam rangka meningkatkan keterlibatan mahasiswa, DITMAWA ITB merencanakan struktur kegiatan kemahasiswaan. Pada semester 1 & 2, mahasiswa akan mengikuti Character Development Training (CDT) untuk menanamkan karakter AIR (Adaptif, Integritas, Rendah hati) dan mendapatkan 1 satuan kredit kegiatan mahasiswa (SKKM). Pada periode ini, mahasiswa juga akan dikenalkan dengan OM, PMM, PM, dan WM.

Pada semester 3 hingga 8, mahasiswa diharapkan aktif mengikuti setidaknya satu himpunan dan satu UKM setiap tahunnya, dengan keaktifan mereka akan didata dan diberikan 2 SKKM. Selama masa ini, mahasiswa juga dapat mengikuti minimal satu kegiatan PMM atau WM dan PM, yang akan memberikan 1 SKKM. Selama masa studi empat tahun, mahasiswa diharapkan mendapatkan minimal 9 SKKM.

Setiap semester, mahasiswa akan diminta mengisi kuesioner self-assessment yang dikembangkan oleh psikolog sebagai evaluasi karakter unggul mahasiswa ITB. Skor akan memberikan informasi mengenai conclusion and action plan, summary, dan next step.

Pada akhir masa studi, mahasiswa akan menerima buku transkrip akademik yang mencatat prestasi sesuai kurikulum prodi, catatan kegiatan kemahasiswaan (hard skill & soft skill), dan supplement (perkembangan self assessment tentang pengembangan karakter mahasiswa). Dengan program ini, ITB berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki keunggulan akademis tetapi juga karakter unggul untuk sukses di berbagai lapisan masyarakat.

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung