English Language Indonsian Language

Mahasiswa SAPPK 2023 Revitalisasi Lahan Kosong Jadi Lapangan Voli dan Gedung Tenis

Selasa, 10 September 2024 | Reporter : Nur Asyiah | Editor : Anne Rufaidah

JATINANGOR.kemahasiswaan.itb.ac.id - Dalam lingkungan akademis, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk unggul dalam aspek teoritis, tetapi juga diharapkan dapat mempraktekkan pengetahuan tersebut dalam konteks praktis yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Mahasiswa memiliki peran strategis dalam pembangunan masyarakat melalui ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sudah diperoleh selama menjalani studi.

Reinovasi 2024 merupakan salah satu bentuk realisasi ilmu dan  pengetahuan yang dilakukan oleh mahasiswa Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) 2023. Reinovasi 2024 menitikberatkan pada perancangan, pengembangan, pemeliharaan ruang publik untuk mengembalikan fungsi, pondasi, serta estetika tempat tersebut. Reinovasi 2024 dilaksanakan di lahan kosong Masjid Al-Muslimun, Jl. Kolonel Ahmad Syam, Sayang, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Selain meningkatkan kesadaran dan kepedulian mahasiswa SAPPK 2023 terhadap isu-isu sosial dan lingkungan di sekitarnya, Reinovasi 2024 juga menjadi wadah pengembangan keterampilan serta memperluas jaringan relasi mahasiswa SAPPK 2023. “Program kerja Reinovasi menjadi langkah yang penting dalam pembentukan karakter mahasiswa SAPPK 2023 yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki kepedulian dan komitmen tinggi terhadap pembangunan masyarakat dan lingkungan,” ujar Alicia (PWK’23), Project Manager Reinovasi 2024.

Sebelum mulai untuk membangun dan memperbaiki ruang publik, tim SAPPK 2023 terlebih dahulu melakukan diskusi dengan warga setempat untuk memastikan bahwa pembangunan tersebut sesuai dengan kebutuhan warga. SAPPK 2023 membangun 2 fasilitas olahraga, meliputi lapangan bola voli dan gedung tenis meja.

“Kami menggarap fasilitas tersebut dengan bantuan kontraktor dan pengawasan dilakukan oleh mahasiswa SAPPK 2023. Untuk rangka gedung tenis meja hanya perlu ditambah dinding, sementara lapangan bola voli perlu pengecoran sehingga pengerjaan tersebut dibantu oleh tukang” jelas Alicia.

Selain itu, mahasiswa SAPPK 2023 melakukan mural di beberapa tempat yaitu lapangan bola voli, dinding gedung tenis meja, serta tembok warga. Dalam pengerjaan mural, masyarakat juga turut membantu dalam pengecatan. Tim mahasiswa SAPPK 2023 juga melibatkan anak-anak Perumahan Ikopin memberikan handprint di mural tembok warga. Tak cukup sampai disitu, untuk membuat kawasan tersebut lebih hijau, tim SAPPK 2023 menambahkan rumput gajah dan bibit pohon cemara untuk mempercantik area hijau.

Serah terima ruang publik tersebut dilaksanakan pada acara Grand Opening pada Minggu (30/06/2024). Sebagai simbolis, kedua belah pihak memasang gembol pada sebuah bingkai yang menunjukkan sebuah komitmen dalam pemeliharaan ruang publik. Grand opening menjadi agenda seremonial antara warga dan tim SAPPK 2023 untuk bersama-sama menikmati lapangan bola voli. Acara juga diisi dengan performance dari mahasiswa SAPPK 2023 sehingga membuat suasana lebih meriah.

Reinovasi 2024 melibatkan 78 orang mahasiswa SAPPK 2023, 56 orang masyarakat Perumahan Ikopin, serta 4 orang pihak ITB. Alicia sebagai Project Manager berharap kedepannya kegiatan tersebut bisa dilanjutkan oleh mahasiswa SAPPK 2024.

“Saya merekomendasikan mereka untuk merealisasikan hal-hal yang belum sempat terealisasi tahun ini, seperti penambahan tempat duduk agar masyarakat bisa berkomunikasi dengan nyaman di ruang publik tersebut,” ungkap Alicia.

Reinovasi 2024 berhasil menjadi bukti nyata kontribusi mahasiswa SAPPK 2023 dalam meningkatkan kualitas ruang publik dan memberdayakan masyarakat sekitar. Dengan kolaborasi yang kuat antara mahasiswa, warga, dan pihak kampus, program ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi mahasiswa berikutnya untuk terus berperan aktif dalam pembangunan sosial dan lingkungan yang berkelanjutan. Komitmen yang ditunjukkan dalam Reinovasi 2024 mencerminkan pentingnya sinergi antara ilmu pengetahuan dan aksi nyata dalam mewujudkan perubahan positif di masyarakat.

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung